SUARA INDONESIA JAKARTA

Fraksi PKS Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo-Gibran

Heri Suroyo - 21 March 2024 | 13:03 - Dibaca 1.27k kali
Politik Fraksi PKS Ucapkan Selamat kepada Pasangan Prabowo-Gibran
Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, JAKARTA - Fraksi PKS DPR RI mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang memenangkan Pilpres 2024. Kemenangan Prabowo-Gibran resmi diumumkan berdasarkan rekapitulasi akhir KPU.

Kendati begitu, PKS menyatakan Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) tetap masih akan berjuang membawa hasil Pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ya kita ucapkan selamat dalam tahap hitungan KPU dengan tetap ada ruang MK. Kan begitu," kata Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Kamis, 21 Maret 2024.

Jazuli mengatakan menang dan kalah merupakan hal biasa dalam kontestasi politik. Peserta pemilu yang menganut paham demokrasi bahkan harus siap menerima kekalahan dan kemenangan.

"Ya kalau tidak ada argumen dan bukti yang kuat kita memang harus, dalam pemilu ini kan begini, dalam pemilu itu pasti ada yang menang, pasti ada yang kalah. Maka sebagai orang yang menganut paham demokrasi ya harus menerima kemenangan, harus menerima kekalahan," ujar Jazuli.

Jazuli juga menghormati keputusan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menerima hasil Pemilu 2024. Menurutnya, tahapan pemilu yang berjalan kondusif patut diapresiasi.

"Ya minimal tahapan penetapan pemilu, saya kira kita harus hormati lah orang yang mengucapkan selamat dan segala macam," kata Jazuli.

KPU RI menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.18.19 menit WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI Jakarta.

Pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27.040.878 mendapatkan suara. Total surat suara sah berjumlah 164.227.475 suara. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Heri Suroyo
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV