SUARA INDONESIA JAKARTA

Reshuffle Kabinet, Presiden Jokowi Lantik Menteri dari Demokrat?

Lisa Asanul Farida - 24 October 2023 | 12:10 - Dibaca 698 kali
Politik Reshuffle Kabinet, Presiden Jokowi Lantik Menteri dari Demokrat?
Presiden Jokowi dalam acara Investor Daily Summit 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023). (foto: beritasatu.com/jejaring Suaraindonesia.co.id)

JAKARTA, Suaraindonesia.co.id - Kabinet Indonesia Maju (KIM) akan direshuffle pada pekan ini. Pergantian menteri yang sudah dipastikan adalah menteri pengganti Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang mundur karena tersangkut kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Muncul spekulasi jika pengganti SYL berasal dari Partai Demokrat.

Perihal reshuffle kabinet dibenarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah mengikuti Investor Daily Summit 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

"Mungkin minggu ini," kata Jokowi 

Saat ditanya terkait pos kementerian mana saja yang akan dirombak, Presiden Jokowi hanya mengatakan menteri pertanian.

Setelah Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri, jabatan menteri pertanian kemudian dijabat oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi selaku pelaksana tugas (plt).

Jokowi masih mempersiapkan perombakan kabinet tersebut, sehingga belum bisa memastikan kapan tepatnya perombakan itu terlaksana. "Masih disiapkan," katanya.

Saat ditanya apakah menteri pertanian baru akan berasal dari Partai Demokrat, Jokowi tak memberikan jawaban. Namun, dia hanya menganggukkan kepalanya sembari berlalu meninggalkan kerumunan wartawan.

Syahrul Yasin Limpo (SYL)mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri pertanian pada 5 Oktober 2023 karena terjerat kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. 

Seperti diberitakan, spekulasi masuknya Partai Demokrat ke Kabinet Indonesia Maju tak lepas dari pertemuan antara Jokowi dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Setelah itu, Partai Demokrat akhirnya masuk ke dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang menyepakati Prabowo sebagai calon presiden. Hingga, belakangan muncul kabar, Demokrat mendapatkan jatah kursi menteri dari Jokowi. (*)  

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lisa Asanul Farida
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya