SUARA INDONESIA JAKARTA

Profil Mahfud MD, Anak Sampang Madura yang Terpilih sebagai Cawapres Ganjar Pranowo

Redaksi - 18 October 2023 | 13:10 - Dibaca 17.56k kali
Politik Profil Mahfud MD, Anak Sampang Madura yang Terpilih sebagai Cawapres Ganjar Pranowo
Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P. (foto: beritasatu.com/jejaring Suaraindonesia.co.id

JAKARTA - Suaraindonesia.co.id -  Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P., Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia ke-14 diumumkan Ketua PDIP Megawati Sukarno Putri sebagai Bakal Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo. 

Pria yang akrab disapa Mahfud MD ini dikenal malang melintang sebagai akademis yang belakangan terjun ke dunia politik serta mendapatkan sejumlah jabatan baik di lembaga legislatif, eksekutif maupun yudikatif.

Berikut Profil Mahfud MD

Dikutip dari wikipedia.org, Mohammad Mahfud lahir 13 Mei 1957 di Sampang, Madura dari pasangan Mahmodin dan Siti Khadijah. Ayahnya bekerja sebagai pegawai negeri sipil di daerah Omben, Sampang. 

Ketika menginjak usia dua bulan, keluarganya bermigrasi ke Waru, Pamekasan. Dia mengenyam pendidikan dasarnya di sekolah dasar negeri dan juga mengikuti pendidikan keagamaan di madrasah ibtidaiyah Pondok Pesantren Al-Mardhiyyah. 

Setelahnya, ia dipindahkan ke Pondok Pesantren Somber Lagah pimpinan Kyai Mardhiyyan di Tagangser Laok. Saat itu, Mahfud duduk di bangku kelas lima sekolah dasar.

Lalu, Mahfud melanjutkan jenjang sekolah menengah pertama di Pendidikan Guru Agama Negeri selama empat tahun dan bersekolah di Pendidikan Hakim Islam Negeri atau PHIN—setara dengan sekolah menengah atas atau madrasah aliah— di Yogyakarta.

PHIN merupakan sekolah islam berbasis kejuruan terkait hukum dan tata negara. Setelah lulus dari PHIN, Mahfud MD berkuliah di dua perguruan tinggi, yakni di Universitas Gajah Mada (UGM) jurusan Sastra Arab, dan Universitas Islam Indonesia (UII) jurusan Hukum Tata Negara. Mahfud lulus pada tahun 1983.

Setelah mendapatkan gelar sarjana, ia kemudian mengajar di almamaternya dan meneruskan kuliah program Pasca Sarjana S-2 bidang Ilmu Politik di UGM. Lalu melanjutkan pendidikan Doktor S-3, di bidang Ilmu Hukum Tata Negara pada program Pasca Sarjana UGM, dan lulus tahun 1993. Dan dinobatkan menjadi Guru Besar bidang Politik Hukum pada tahun 2000 di usia 43 tahun di Universitas Islam Indonesia.

Mahfud mengawali kiprahnya di dunia akademisi sebagai dosen di Universitas Islam Indonesia, setahun setelah memperoleh gelar sarjana hukum dari universitas tersebut. 

Ia meraih gelar Doktor pada tahun 1993 dari Universitas Gadjah Mada. Sebelum diangkat sebagai Menteri, Ia adalah pengajar dan Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Semasa muda ia juga aktif sebagai aktivis PII an HMI. 

Setelah itu, ia pernah terlibat dalam politik praktis sebagai kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada tahun 1998 hingga 2008. 

Sebelumnya ia merupakan anggota DPR dan Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional. Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008–2013. dan Hakim Konstitusi pada periode 2008-2013. 

Mahfud pernah digadang-gadang menjadi calon wakil presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019. Namun, pencalonannya gagal dan diganti KH Ma'ruf Amin.

Saat ini, Mahfud menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan yang menjabat sejak 23 Oktober 2019 dan menjadi tokoh sipil pertama yang mengemban jabatan tersebut. (*)


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya