SUARA INDONESIA JAKARTA

Adu Utang Bakal Capres, Prabowo Berutang Rp8 Miliar, Ganjar Nihil

Redaksi - 16 October 2023 | 10:10 - Dibaca 16.62k kali
Politik Adu Utang Bakal Capres, Prabowo Berutang Rp8 Miliar, Ganjar Nihil
TTiga bakal calon presiden RI : Prabowo, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan; (foto: beritasatu.com/jejaring Suaraindonesia.co.id)

JAKARTA, Suaraindonesia.co.id - Kontestasi Pilihan Presiden (Pilpres) Republik Indonesia yang memunculkan tiga nama kuat bakal calon presiden : Prabowo, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo menarik untuk disimak. Termasuk, jumlah kekayaan ketiga bakal calon presiden tersebut.  Namun, adu utang capres Prabowo vs Anies vs Ganjar menjadi sorotan.

Berikut kekayaan berikut utang ketiga bakal calon presiden:  

1. Prabowo Subianto, Kekayaan Rp2,03 Triliun, Utang Rp8 Miliar

Prabowo Subianto, mantan Menteri Pertahanan yang maju ke pemilihan Presiden 2024 dengan Partai pengusung dari Koalisi Indonesia Maju seperti Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar dan PBB. 

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), yang dilaporkan Prabowo Subianto ke KPK pada Jum'at, 31 Maret 2023, disebutkan bahwa total kekayaan Prabowo Subianto mencapai 2,03 triliun. Sedangkan utang yang dimiliki Prabowo dilaporkan dalam laporan yang sama senilai Rp 8 miliar.  

2. Anies Baswedan, Kekayaan Rp18 miliar, Utang Rp7,6 Miliar 

Kemudian Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta ini maju ke pemilihan presiden didukung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri atas Partai Nasdem dan PKB.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) harta kekayaan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini senilai Rp18 miliar. Hal itu tercatat di dalam LKHPN yang dilaporkan pada Kamis, 31 Maret 2022.

Sementara jumlah utang Anies Baswedan mendekati jumlah utang Prabowo Subianto, yakni Rp7,6 miliar. Dengan demikian total harta kekayaan Anies Baswedan dikurangi utangnya adalah Rp10,95 miliar. 

3. Ganjar Pranowo, Kekayaan Rp11,77 miliar, Utang Nihil

Kandidat terakhir yakni Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yang maju sebagai calon presiden dengan dukungan dari Partai PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Perindo.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada Rabu, 30 Maret 2022, total harta kekayaan Ganjar Pranowo adalah Rp11,77 miliar. Sedangkan mengenai utang, Ganjar Pranowo tercatat tidak memiliki utang sama sekali. Ini menjadikannya sebagai satu-satunya capres yang tidak memiliki resiko utang di dalam keuangannya. 

Sementara itu, jika dilihat perbandingan utang antara Prabowo Subianto dengan Anies Baswedan, kondisi keuangan Anies Baswedan lebih beresiko daripada Prabowo Subianto karena jumlah utangnya hampir setengah dari kepemilikan total harta yang dimilikinya. 

Sedangkan jika jumlah kepemilikan harta kekayaan ketiganya dibandingkan setelah dikurangi utang, harta kekayataan Prabowo Subianto masih lebih unggul daripada Anies Baswedan dan juga Ganjar Pranowo. Masih lebih tinggi daripada Ganjar Pranowo yang tidak punya utang sekalipun. (*)

Sumber : suara.com/jejaring Suaraindonesia.co.id

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya