SUARA INDONESIA JAKARTA

Fokus Isu Lingkungan, Menteri Siti Nurbaya Akan Hadiri Dies Natalis GMKI ke-71

Mohammad Sodiq - 04 February 2021 | 19:02 - Dibaca 2.17k kali
Pendidikan Fokus Isu Lingkungan, Menteri Siti Nurbaya Akan Hadiri Dies Natalis GMKI ke-71
PP GMKI Audiensi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Kamis (04/02/2021).

JAKARTA - PP GMKI melakukan audensi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Siti Nurbaya Bakar, Kamis (04/02/2021). Pertemuan itu membahas tentang persoalan lingkungan di Indonesia.

Ketua Umum PP GMKI Jefri Gultom mengatakan lingkungan hidup memegang peran penting dalam menjaga dan memastikan peradaban manusia dapat berlanjut.

"Bagi manusia, lingkungan hidup memiliki nilai sosial, politik, ekonomi, budaya yang meliputi berbagai sektor termasuk didalamnya sektor kehutanan," ujar Jefri Gultom.

Jefri menjelaskan, menurut UU Nomor 32 tahun 2009, bahhwa lingkungan hidup didefinisikan sebagai kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk didalamnya manusia dan perilakunya. 

Menurut data yang dihimpun dari BPS tentang statistik lingkungan hidup Indonesia, luas hutan di Indonesia mengalami penurunan. Pada tahun 2011 luas hutan Indonesia seluas 98,7 juta Ha dan pada tahun 2018 hanya tersisa seluas 93,5 juta.

"Artinya hutan di Indonesia mengalami penurunan sebesar 0,5 hingga 1 juta hektar setiap tahun. Penurunan tersebut diakibatkan alih fungsi hutan, pembalakan liar dan pertambangan tanpa diikuti upaya pemeliharaan dan pelestarian yang berkelanjutan," ungkap Jefri.

Jefri menambahkan jika kondisi ini dibiarkan secara terus menerus tentu akan membawa dampak buruk bagi kehidupan generasi masa mendatang.

"Kami mengapresiasi kinerja yang dilakukan Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sehingga telah berhasil menekan angka deforestasi di Indonesia. Pada  2014-2015, laju deforestasi mencapai 1,09 juta ha sedangkan laju deforestasi pada rentang 2016-2017 hanya sekitar 480 ribu hektar," katanya.

Meskipun demikian, Jefri juga menegaskan masih banyak tugas dari Kementerian Lingkungan Hidup yang harus dikerjakan, terkait persoalan pencemaran dan pelanggaran lingkungan.

Ditambah lagi terkait peraturan perundang-undangan yang berlaku, pada peringatan World Wetlands Day, GMKI juga memberikan kontribusi pemikiran dengan harapan lahan basah untuk masa depan bangsa.

Pertemuan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga bagian dari upaya kolaborasi di era networking society.

"GMKI sebagai agent of change akan tetap obyektif dalam melihat persoalan-persoalan yang ada di Indonesia, jika yang salah akan kami kritisi, yang benar akan kami apresiasi," ujar Jefri.

Selain membahas kondisi lingkungan hidup di Indonesia saat ini, Jefri juga menyampaikan bahwa GMKI akan melaksanakan Dies Natalis yang ke-71 tahun, dan akan fokus pada tema lingkungan hidup.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyambut baik isu lingkungan yang dibawakan GMKI pada Dies Natalisnya yang ke-71 nanti.

"Masalah lingkungan hidup tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak saja, oleh karena itu dibutuhkan kolaborasi atau kerjasama dari berbagai pihak," terang Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya mengatakan siap untuk berkolaborasi dengan GMKI terkait isu lingkungan hidup.

"Saya bersedia hadir pada pertemuan Dies Natalis GMKI yang ke-71 sebagai Keynote Speaker," ujarnya.

Dies Natalis GMKI yang ke-71 mengangkat tema Indonesia Towards Sustainable Green Environment (Indonesia Menuju Lingkungan Hidup Berkelanjutan). Acara itu akan digelar pada 9 Februari 2021 via zoom meeting.

Selain Ketua Umum GMKI Jefri Gultom, pada pertemuan dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu turut hadir mendampingi Sekretaris Umum GMKI Michael Anggi dan Bendahara Umum GMKI Novelin Silalahi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohammad Sodiq
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya