SUARA INDONESIA JAKARTA

Keajaiban Arsitektur dan Sejarah di Masjid Agung Sumenep

Aditya - 19 June 2024 | 17:06 - Dibaca 758 kali
Wisata Keajaiban Arsitektur dan Sejarah di Masjid Agung Sumenep
Masjid Agung Sumenep. (Foto: Instagram/@exploremadura)

SUARAINDONESIA, SUMENEP - Masjid Agung Sumenep, yang sering dikenal dengan nama Masjid Jamik, adalah salah satu landmark bersejarah yang paling menonjol di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Dikenal sebagai salah satu dari 10 masjid tertua di Sumenep, masjid ini tidak hanya menawarkan nilai sejarah yang mendalam, tetapi juga menampilkan keunikan arsitektur yang memadukan berbagai budaya.

Dibangun pada abad ke-18, Masjid Agung Sumenep menjadi saksi bisu berbagai peristiwa penting dalam sejarah Kabupaten Sumenep.

Masjid ini didirikan pada masa pemerintahan Panembahan Somala, seorang raja Sumenep yang berkuasa dari tahun 1762 hingga 1811.

Tujuan awal pembangunan masjid ini adalah untuk menyediakan tempat ibadah bagi masyarakat Sumenep sekaligus menjadi pusat kegiatan keagamaan.

Salah satu daya tarik utama Masjid Agung Sumenep adalah keunikan arsitekturnya.

Masjid ini memadukan berbagai unsur arsitektur dari budaya yang berbeda, menjadikannya sebuah karya seni yang menakjubkan.

Masjid Agung Sumenep berlokasi di Dalem Anyar, Bangselok, Kota Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Lokasinya yang berada di pusat kota memudahkan akses bagi para pengunjung.

Masjid ini juga buka selama 24 jam, sehingga pengunjung dapat datang kapan saja untuk beribadah atau sekadar menikmati keindahan arsitekturnya.

Untuk memasuki Masjid Agung Sumenep, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

Masjid ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti tempat wudhu yang bersih, area parkir yang luas, dan taman yang asri di sekitarnya.

Selain itu, masjid ini sering digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan dan sosial, menjadikannya pusat kegiatan komunitas yang aktif.

Masjid Agung Sumenep bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga sebuah warisan budaya yang memadukan berbagai elemen arsitektur dari berbagai budaya.

Keindahan dan keunikan arsitekturnya, ditambah dengan nilai sejarah yang tinggi, menjadikan masjid ini sebagai salah satu destinasi wisata religi yang wajib dikunjungi di Sumenep.

Bagi siapa saja yang berkunjung ke Sumenep, menyempatkan diri untuk melihat dan merasakan suasana di Masjid Agung Sumenep adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya