SUARA INDONESIA JAKARTA

Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya Fasilitasi Penguatan UMKM Kampung Tangguh

Bahrullah - 22 October 2022 | 16:10 - Dibaca 1.50k kali
TNI/Polri Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya Fasilitasi Penguatan UMKM Kampung Tangguh
Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya Fasilitasi Penguatan UMKM Kampung Tangguh (Foto Istimewa)


JAKARTA - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Metro Jaya memfasilitasi unit usaha mikro menengah (UMKM) penguatan kampung tangguh jaya.

UMKM ini menjadi bagian dari program Kampung Tangguh Jaya (KTJ) Polda Metro Jaya.

Kegiatan dilaksanakan di halaman parkir Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jumat (21/10/2022).

KBP Auliansyah Lubis, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengatakan, tugas pokok Polri dalam UU meliputi pemeliharaan kamtibmas, penegakan hukum, pelindung, pengayom dan pelayan kepada masyarakat. Untuk itulah, Ditreskrimsus juga terus melayani warga sesuai dengan tugas, pokok, fungsi (tupoksi).

"Dalam hal ini, Subdit I Indag Ditreskrimsus telah memfasilitasi UMKM di Kampung Tangguh Jaya wilayah Mampang dan Kalibata, agar dapat berdaya secara ekonomi dengan memiliki surat-surat resmi berusaha,” ujar Auliansyah.

Lebih lanjut, Aulian menerangkan, terdapat total 68 UMKM di Kampung Tangguh Jaya (KTJ), yang terdiri atas 4 UMKM difasilitasi proses kepengurusan perizinan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan 64 UMKM Kampung Tangguh Jaya, difasilitasi dalam menhurusi IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil).

Dia mengatakan, kegiatan penguatan UMKM ini, dihadiri oleh seluruh personel Ditreskrimsus dan Satker lainnya di PMJ, bertujuan untuk terus mengembangkan UMKM, agar bergeliat secara ekonomi dalam menghadapi tantangan global dan ekonomi pasca pandemi.

"Program ini merupakan wujud nyata bahwa kepolisian juga turut serta mengayomi UMKM dengan memfasilitasi kebutuhannya," ucapannya.

Muslikah, Pedagang Singkong Krispy, menyatakan, sebagai bagian dari UMKM menghaturkan terima kasih telah difasilitasi legalitasnya sebagai pengusaha kecil oleh pihak kepolisian.

" Ditambah hari ini, kami berjualan di polda, semuanya ludes terbeli. Padahal biasanya, sehari belum tentu habis,” ujarnya.

Diketahui, Kampung Tangguh Jaya (KTJ) merupakan sebuah program Strategi Problem-Oriented Policing (POP) yang digagas oleh Kapolda Metro Jaya, sebagai bagian dari solusi nyata untuk mengendalikan dan mencegah terjadinya masalah-masalah sosial.

KTJ menjadi solusi untuk memperkuat kapasitas masyarakat dan secara aktif membangun kesamaan pandangan dan komitmen bersama, untuk menangani persoalan sosial dan dampaknya sebagai suatu masalah yang harus diatasi dengan #bergerakbersama.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV