SUARA INDONESIA JAKARTA

KLHK Minta Pemda Kendalikan Sampah Pemudik

Heri Suroyo - 06 April 2024 | 22:04 - Dibaca 583 kali
News KLHK Minta Pemda Kendalikan Sampah Pemudik
Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) mengendalikan sampah, selama masa mudik Lebaran. Ini sesuai Surat Edaran Menteri LHK Nomor 5 Tahun 2024 tentang Pengendalian Sampah di Hari Raya Idul Fitri 2024.

“Kami meminta Pemda menambah jumlah petugas untuk mengelola sampah. Khususnya di periode libur Lebaran 2024,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati, Jumat (5/4/2024).

KLHK memprediksi, 197 juta pemudik berpotensi menghasilkan sampah 58 ribu ton, dalam jangka waktu dua pekan. Pemda pun dituntut mengambil langkah strategis, untuk mengendalikan sampah. “Ini untuk menjaga lingkungan. Wujudkan program Mudik Minim Sampah,” ujarnya.

Salah satu langkah strategis yang harus diambil adalah kesiapsiagaan dan kecukupan petugas di lapangan, secara terus-menerus. “Kalau boleh jangan libur," ucapnya.

Rosa juga meminta Pemda melakukan pengawasan, khususnya kepada pengelola fasilitas umum. “Tentu lokasi-lokasi wisata akan menjadi tempat utama yang akan dikunjungi selama liburan harus menjadi perhatian,” katanya.

Ia menekankan, baik Pemda maupun pengelola Rest Area sepanjang jalur mudik dan pengelola tempat wisata harus siap. Mereka harus menyadari bahwa lonjakan pemudik berpotensi menimbulkan masalah sampah baru.

Belajar dari evaluasi libur lebaran tahun sebelumnya, lanjut Rosa, masih banyak ditemui sampah yang menumpuk di berbagai tempat. Terutama tempat yang dilewati pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

“Belajar dari tahun lalu, masih ada yang bolong-bolong, masih ada sampah menumpuk. Mungkin pengaturan rotasi orang yang bekerja (membersihkan sampah) tidak terlalu sering,” ucapnya.

Mitigasi ini dinilainya penting, karena jika dibiarkan dalam hitungan jam saja, sampah akan menumpuk. Penumpukan sampah akan menimbulkan situasi yang tidak mengenakkan, seperti banyak lalat dan sebagainya.

“Oleh karena itu jangan lepas dari kontrol Pemda. Pengelola Rest Area Tol itu sering-sering mengawasi dan jangan segan-segan untuk menegur pemudik yang membuang sampah sembarangan,” katanya.

Rosa pun mengimbau pemudik untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Target kita Indonesia bersih 2025, jangan sampai kerja yang telah kita lakukan menjadi sia-sia,” pungkasnya.(*)


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Heri Suroyo
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya