SUARA INDONESIA JAKARTA

Ketua DPR RI: Hari Pahlawan Momentum Perjuangan demi Kemakmuran dan Kesejahteraan

Heri Suroyo - 10 November 2023 | 15:11 - Dibaca 943 kali
News Ketua DPR RI: Hari Pahlawan Momentum Perjuangan demi Kemakmuran dan Kesejahteraan
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Suaraindonesia.co.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, momentum Hari Pahlawan 2023 sebagai momentum perjuangan demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia, sebagaimana semangat perjuangan para pahlawan terdahulu demi kemerdekaan bangsa.

"Peringatan Hari Pahlawan selalu membawa kita untuk merefleksikan tentang perjuangan para pahlawan terdahulu yang rela berkorban demi kemerdekaan bangsa. Perjuangan para pahlawan itu dilakukan demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Meski telah merdeka, Puan menilai rakyat Indonesia masih terus berada dalam kondisi perjuangan, yakni melawan berbagai ketidakadilan dalam mencapai kesejahteraan. Misalnya, dalam hal ekonomi, pemerataan pembangunan, pendidikan, kesehatan, hukum, kesetaraan, hingga pekerjaan yang layak.

"Sampai saat ini, masih ada rakyat Indonesia yang harus berjuang, bahkan hanya sekadar untuk memenuhi makannya sehari-hari. Kemakmuran yang diimpikan para pahlawan terdahulu, masih belum sepenuhnya tercapai," ujarnya.

Terkait keadilan dalam ekonomi, Puan menyebut, masih banyak rakyat Indonesia yang berada dalam garis kemiskinan, padahal seharusnya kemajuan ekonomi Indonesia yang begitu pesat tidak boleh memunculkan ketimpangan di tengah masyarakat.

"Tapi masih banyak dari masyarakat kita yang berjuang sendiri demi keadilan ekonomi, khususnya di daerah-daerah terpencil," ucapnya.

Ia menjelaskan, keadilan ekonomi juga erat hubungannya dengan keadilan pemerataan dalam pembangunan, sehingga tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja.

"Banyak rakyat di daerah 3T berharap pembangunan infrastruktur di kota asal mereka seperti di kota-kota besar, sehingga mereka akan merasakan keadilan yang sama dalam memperoleh akses seperti pendidikan, layanan kesehatan, dan pembukaan lapangan kerja yang akan berpengaruh pada kesejahteraan mereka," katanya.

Puan pun mendorong pemerintah agar bisa memacu pertumbuhan ekonomi di semua daerah, demi terciptanya keadilan ekonomi dan mengikis ketimpangan sosial antara warga di perkotaan dan perdesaan.

Dia lantas menyinggung sejumlah perjuangan untuk memperoleh keadilan dalam berbagai sektor lainnya. Di antaranya pendidikan, pekerjaan, akses kesehatan, hingga kesetaraan.

Terakhir, Puan mengajak seluruh elemen bangsa bersatu padu untuk mengupayakan hadirnya Indonesia yang berkeadilan di semua sektor, guna memastikan bahwa warisan perjuangan para pahlawan tidak akan sia-sia.

"Hanya dengan kerja bersama dalam bingkai persatuan, mimpi para pejuang dan pahlawan terdahulu untuk sebuah Indonesia yang makmur dan bermartabat di mata dunia dapat diwujudkan. Bersama-sama, mari kita bangun masa depan yang gemilang untuk negeri kita tercinta, Indonesia," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Heri Suroyo
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV