SUARA INDONESIA JAKARTA

Wisata Pancaripis Tuwel Kabupaten Tegal, Wahana Outbond dan Tempat Santai Bersama Keluarga

Ade Windiarto - 04 February 2023 | 20:02 - Dibaca 5.27k kali
Wisata Wisata Pancaripis Tuwel Kabupaten Tegal, Wahana Outbond dan Tempat Santai Bersama Keluarga
Wisata Pancaripis suguhkan kolam renang air hangat dari sumber mata air Gunung Slamet dan wahana outbond (Foto : Ade W/suaraindonesia.co.id)

TEGAL - Hadir sebagai tempat wisata keluarga di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dengan suasana alam yang sejuk, pas buat santai melepas kepenatan dari aktifitas sehari-hari. 

Pancaripis merupakan sebuah wisata yang berada di lereng utara Gunung Slamet pada ketinggian 900 MDPL dengan udara yang sejuk, pemandangan indah dan alami. 

Tempat ini terletak di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal sehingga sangat cocok bagi yang suka menikmati keindahan alam dan juga buat pecinta kegiatan outing. 

Disampaikan oleh Ketua Pokdarwis Dukuh Kemaron Desa Tuwel, Jimy Hartono, bahwa Pancaripis mulai dibuka pada Desember 2020, namun saat itu sedang ada pandemi Covid-19 sehingga tidak dibuka untuk umum. 

"Setelah Covid-19 mereda kita buka untuk umum dengan harga tiket masuk Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak," ungkapnya, Sabtu (4/1/2023). 

Jimy yang juga merupakan pengelola wisata Pancaripis menyebut, lokasi wisata yang disediakan seluas 5.000 meter persegi tersebut akan terus dikembangkan termasuk untuk wahana outbond. 

"Disini sudah ada pemandu outbond yang memiliki sertifikasi dan tergabung dalam asosiasi, jadi mereka sudah dibekali dan terbiasa dalam penanganan-penanganan bahaya maupun evakuasi," jelasnya. 

Jimy menyampaikan, alasan dibukanya wisata Pancaripis karena potensi wahana air hangat serta keindahan alam yang bisa dinikmati seperti di obyek wisata Guci. 

"Saya ingin membagi arus pengunjung yang biasanya ke Guci berdesakan maka bisa diarahkan ke sini karena sama-sama pemandian air hangat sehingga bisa dijadikan alternatif bagi masyarakat," terangnya. 

Wisata Pancaripis tersebut buka setiap hari pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 19.00 WIB. Sementara, untuk hari libur ramai pengunjung sehingga bagi yang ingin berwisata kesini perlu mempersiapkan segala keperluan. 

Sedangkan fasilitas di wisata Pancaripis yang bisa dinikmati oleh pengunjung antara lain, kolam renang air hangat dan waterboom.

Adapun panggung kecil untuk event, toilet dan tempat bilas, serta spot foto menarik lainnya. 

Disamping itu, tersedia pula musholla, warung dengan harga ekonomis, gazebo, maupun tempat santai lain sambil menikmati sejuknya alam pegunungan. 

Bagi yang ingin berkunjung ke wisata Pancaripis, tempat wisata ini berjarak 27 Kilometer dari pusat Kota Slawi ibukota Kabupaten Tegal dan dan dapat di kunjungi menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu perjalanan sekitar 50 menit.

Tertarik ingin mengunjungi wisata Pancaripis, bisa juga meminta panduan arah ke wisata pemandian air panas Pancaripis Kabupaten Tegal lewat Google Map yang tersedia di smartphone.

Sebelum menuju ke wisata Pancaripis ada baiknya mempersiapkan keperluan dan bekal yang dibutuhkan. 

Selain itu, persiapan fisik dan kendaraan juga perlu dicek agar liburan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan, serta tetap jaga kondisi diri dan berhati-hati sehingga selamat sampai tujuan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ade Windiarto
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV