SUARA INDONESIA JAKARTA

PAC IPNU-IPPNU Tegal Timur Gelar Latihan Kader Muda, Beberapa Tokoh Penting Jadi Pemateri

Hasan Basri - 20 May 2023 | 17:05 - Dibaca 92 kali
Peristiwa PAC IPNU-IPPNU Tegal Timur Gelar Latihan Kader Muda, Beberapa Tokoh Penting Jadi Pemateri
Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi menjadi salah satu pemateri dalam Latihan Kader Muda IPNU-IPPNU Kecamatan Tegal Timur (foto: Ade W/suaraindonesia.co.id)

TEGAL - Untuk meningkatkan kaderisasi muda Nahdlatul Ulama, Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Tegal Timur menggelar Latihan Kader Muda, yang berlangsung di MDTA/MDTW Islamiyah, Jl. Kemuning, Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Kegiatan dengan tema Menegaskan Identitas, Menguatkan Loyalitas Menuju Kader Muda yang Berkualitas, dilaksanakan selama tiga hari, Jumat-Minggu, (19-21/5/2023).

Berbagai agenda dalam kegiatan dilakukan secara bertahap, dengan 13 materi yang diisi oleh kalangan tokoh-tokoh kompeten dibidangnya.

Dijelaskan oleh Ketua PAC IPNU Kecamatan Tegal Timur, Moh. Firman Aziz bahwa beberapa tokoh hadir mengisi materi dalam kegiatan Latihan Kader Muda.

"Alhamdulillah beberapa pemateri dari kalangan tokoh-tokoh bisa hadir, termasuk kali ini Wakil Wali Kota Tegal Pak Jumadi yang mengisi materi Leadership dan Manajemen Organisasi," jelas Firman. 

Lebih lanjut Firman mengatakan Latihan Kader Muda dilaksanakan tiap dua tahun sekali dengan tujuan untuk mencetak kader-kader muda yang bisa diandalkan. 

"Ada dua tingkatan, antara lain Makesta untuk merekrut anggota dan Latihan Kader Muda yaitu jenjang untuk meningkatkan kapasitas. Dan ini merupakan kaderisasi awal di Nahdlatul Ulama sebagai pintu gerbang utama," terangnya. 

Hal senada dikatakan Ketua Panitia, Figo Ibrahim bahwa Latihan Kader Muda merupakan pengkaderan formal tingkat dua di IPNU-IPPNU. 

"Sejatinya di IPNU-IPPNU ada tiga pengkaderan formal yang pertama Makesta, kedua Latihan Kader Muda dan ketiga Latihan Kader Utama," ucap Figo.

Sedangkan Ketua PC IPPNU Kota Tegal, Nurma Zulfi A mengungkapkan terima kasih atas hadirnya Wakil Wali Kota Tegal sebagai salah satu pemateri.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Jumadi yang sudah berkenan hadir dalam acara Latihan Kader Muda PAC Kecamatan Tegal Timur ini," ungkap Nurma. 

Ditambahkan Nurma, bahwa peserta pada Latihan Kader Muda kali ini, bukan hanya diikuti anggota IPNU-IPPNU di Kota Tegal saja, tetapi ada perwakilan dari Kabupaten Tegal. 

"Peserta merupakan anggota IPNU-IPPNU Kota Tegal. Selain itu ada juga yang dari Kabupaten Tegal berjumlah 6 orang," ucapnya. 

Sementara Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi, ST.,MM berharap materi Leadership dan Manajemen Organisasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi peserta Latihan Kader Muda kali ini. 

"Saya memberikan materi bagaimana leadership, success story, bagaimana harus belajar, apalagi di era teknologi sekarang ini harus mengikuti perkembangan, termasuk bagaimana menghadapi dunia luar," ujar Wakil Wali Kota Tegal. 

Jumadi berpesan agar kader muda NU harus kompak untuk mewujudkan cita-cita yang telah direncanakan sehingga tercipta SDM unggul. 

"Kota Tegal dan bangsa ini butuh anak-anak muda seperti ini yang mau berorganisasi dan sharring agar kedepan bisa menjadi the next leader," tandas Jumadi. 

Selain itu, menurut Jumadi, proses kaderisasi bagi anak-anak muda jangan sampai terhambat, karena ini merupakan langkah untuk mencetak leader yang luar biasa. 

"Etika dan adab adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh pemimpin dan lewat kaderisasi seperti ini mereka pasti akan berhasil menjadi pemimpin yang memiliki etika dan adab untuk kemajuan bangsa," pungkasnya. (Ade W) 



» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hasan Basri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya